PEMBELAJARAN KEYBOARD UNTUK PEMULA

Latihan jari dan Chord Keyboard

Ingin cepat bermain alat musik keyboard?
Mungkin kita bingung ketika kita ingin bermain keyboard namun tak tahu harus memulai dari
Latihan Jari
mana. Posisi jari, Latihan Jari, Chord mudah cepatnya gimana? ini  pengalaman saya yang juga saya rasakan ketika ingin bermain keyboard. tak tau harus cari dimana, siapa mentor yang tepat untuk membibing kita bermain keyboard dengan mudah, apa apa saja materi belajarnya?
minta waktu dikit ya sobat, saya mo share sedikit tentang bagaimana saya bisa cepat dan mudah bermain keyboard, dan saya yakin pengalaman saya ini bisa menjadi manfaat bagi para sobat yang ingin belajar.
saya tinggal di sebuah kota yang notabene gak ada sekolah musiknya. Mendengarkan musik adalah kebiasaan masyarakat di sekitar saya tinggal. namun sayangnya pemain musiknya hanya bisa dihitung dengan jari, bahkan gak semua jari kananmu terbuka untuk menghitung jumlah pemain musik Keyboard di kota kami (pada masa itu). tapi pemain gitar udah lumayan banyak, termasuk saya yang sebelum belajar keyboard dah mulai mengerti  tentang chord gitar. 
Suatu waktu di rumah paman saya ada acara syukuran, dan mereka membeli keyboard untuk dipakai di acara syukuran ulang tahun tersebut. hahahaah Ruangan sudah ditata rapih, dekorasi hiasan HUT ada dimana, namun ada 1 yang tidak ada, yaitu pemain keyboard. di keluarga kami saya dikenal sebagai anak yang punya sensifitas musik yang lebih dari mereka, (itu kata mereka) sehingga mereka menyuruh saya mencoba memainkan keyboardnya. waduh Lantang saja saya berkata aahhh tidak, "kita nintau main tu keyboard" itu yang saya katakan dalam dialek bahasa manado bahwa saya bilang saya tidak tahu main keyboardnya. Namun paman saya, bisa saya bilang dia itu seorang yang punya kemampuan untuk mempengaruhi, menyemangati orang lain. yaaa bisa dibilang motivator, jiwa politiknya juga lumayan tinggi sich, daya mempengaruhinya kuat, sehingga kalimatnya mendorong saya untuk belajar keybord.
3 jam sebelum acara dimulai saya mulai mencoba menekan tuts demi tuts mulai dari yang paling kiri sampe tuts yang paling kanan (tuts putih). akhirnya saya bisa membedakan mana tangga nada dan mana chord, hanya dengan bantuan buku penuntun yang dibeli paman dari toko buku, saya mulai mempraktekannya. awalnya sungguh menyiksa melihat partitur dengan simbol ini itulah, kode ini angka itu wualahhh membingungkan. namun  dengan keinginan yang besar untuk bisa bermain alat musik keyboard, alhasil saya menemukan 7 nada dasar mudah digunakan dan cepat dimainkan di keyboard. dan saya juga menemukan posisi jari yang tepat untuk latihan senam jari dalam memperkuat jari atau bermain melodi. akhirnya saya mencoba beberapa lagu, tapi yang saya ingat lagu yang saya main kan dengan baik hanya 2 lagu meskipun belum sepenuhnya melakukan melodi dengan tepat.
 Namun dengan pengalaman yang saya dapat kan ini, memberi saya contoh bagaimana belajar dengan baik.
Nah cukup sudah ceritanya, langsung saja kita ke topiknya. Gambar dibawah ini menunjuk kan bagaimana posisi jari kita dalam bermain keyboard atau piano. Karena sesungguhnya keyboard dan Piano tutsnya sama, hanya yang membedakannya adalah cara mainnya.
Posisi Jari Keyboard dan Piano
Nah dari gambar diatas silahkan sobat perhatikan dengan seksama, perbedaan posisi jari tangan kiri dengan tangan kanan. Bedakan saja dengan melihat 2 tuts Hitam dan 3 tuts Hitam. nah saya mo kasih tau senam jari atau latihan jarinya untuk 5 jari kiri dan kanan. sekalilagi saya mo ingatkan perhatikan 2 tuts Hitam dan 3 tuts Hitam.
Posisi Chord di tuts Keyboard dan Piano
1. tangan kiri

nada c : jari kelingking (tombol pertama sebelah kri disamping 2 tuts hitam berderet)
nada d : jari manis (tombol kedua sebelah kiri, di tengah-tengah 2 tuts hitam berderet)
nada e : jari tengah (tombol ketiga sebelah kiri, samping kanan 2 tuts hitam berderet)
nada f : jari telunjuk (tombol keempat, samping kanan 3 tuts hitam berderet)
nada g : ibu jari (tombol kelima, samping kanan tombol hitam pertama dari 3 tuts hitam berderet)
2 tangan kanan
nada c : ibu jari (tombol pertama sebelah kri disamping 2 tuts hitam berderet)
nada d : jari telunjuk (tombol kedua sebelah kiri, di tengah-tengah 2 tuts hitam berderet)
nada e : jari tengah (tombol ketiga sebelah kiri, samping kanan 2 tuts hitam berderet)
nada f : jari manis  (tombol keempat, samping kanan 3 tuts hitam berderet)
nada g : jari kelingking (tombol kelima, samping kanan tombol hitam pertama dari 3 tuts hitam berderet)
Gimana mo coba??, Nah sekarang cara latihannya ikuti saya, tekan setiap tuts secara bergantian dimulai dari nada c, kemudian d, terus e, f, g.
C-D-E-F-G... Lalu kembali lagi G-F-E-D-C
(setiap jari yang menekan tombol tombol tersebut, silahkan tekan secara bergantian mulai dari C-D-E-F-G kemudian G-F-E-D-C)
INGAT POSISI JARINYA JANGAN SALAH, SETIAP NADA SUDAH ADA JARINYA

Jika Kita melakukannya dengan bergantian dan teratur serta berulang ulang, maka kita sudah menciptakan pola senam jari untuk belajar main keyboard atau piano, karna dengan demikian kita memperkuat jari tangan kita. Lakukan itu semua berulang ulang, dengan waktu minimal 60 menit setiap hari.
Gimaana. Saya harap Latihan Jari dan Posisi jarinya bisa bermanfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan Mendeley Untuk Daftar Pustaka dan Referensi Menyisipkan Sitasi Dengan Mendeley Desktop

TAS DAN DOMPET JIMSHONEY